11 Nov 2012

CARA MENAMPILKAN DAN MENYEMBUNYIKAN FILE SUPER HIDDEN

Run command
Diantara teman-teman semua mungkin ada yang pernah mengalami kejadian berupa flashdisk yang terkena virus dan setelah flashdisk di scan dan virus berhasil dibersihkan, ternyata folder-folder yang berada di dalam flashdisk yang berisi dokumen penting semuanya hilang padahal saat di cek dari properties, flashdisk anda mestinya masih ada isinya.
sebenarnya folder tersebut tidak hilang, tapi folder tersebut dijadikan super hidden oleh virus dan diganti dengan virus yang berbentuk ikon folder dengan maksud jika ikon folder tersebut di klik, maka dia bisa melipat-gandakan dirinya. untuk memunculkannya kembali, gunakan langka-langkah seperti ini:
  1. klik "start" lalu klik "RUN"
  2. pada kotak dialog Run, ketik: "cmd" lalu tekan enter. kalau menu Run Command belum ada di start menu, tampilkan terlebih dahulu caranya klik kanan start menu lalu pilih "Properties" lalu klik "Customize" dan cari "RUN Command"dan beri tanda centang di depannya kemudian klik "OK" lalu ulangi langkah diatas.
  3. setelah jendela cmd terbuka, masuklah dahulu kedalam flashdik anda, contoh: jika flashdisk anda berada di drive E:\ maka ketik "E:" lalu enter
  4. setelah berada di dalam drive "E:\" ketik: "attrib -s -h -r *.* /s /d E:\> attrib -s -h -r *.* /s /d   lalu tekan enter dan tunggu beberapa saat sampai proses selesai yang ditandai dengan munculnya promt E:\> dibawahnya. 
  5. cek flashdik anda dari windows explorer. semua folder telah muncul.
jika anda ingin menyembunyikan file menjadi super hidden caranya sebagai berikut:
  1. jika file tersebut berada di dalam folder, maka masuklah dahulu ke dalam folder tersebut dari cmd (seperti langkah no.3 diatas). contoh: jika file yang akan disembunyikan berada didalam folder yang bernama "musik" yang berada di drive E:\ maka caranya sebagai berikut: ketik E: lalu enter lalu ketik lagi "cd musik" lalu enter lagi ( E:\musik> ).
  2. setelah berada di dalam folder: E:\musik> ketik: "attrib +s +h +r *.* /s /d" lalu tekan enter.
keterangan: tanda (*.*) adalah untuk menyembunyikan semua file. untuk menyembunyikan file-file tertentu misalnya semua file yang berekstensi .mp4 ganti tanda (*.*) menjadi (*.mp4).
jika anda ingin melihat file yang disembunyikan secara super hidden di komputer milik teman, ginakan winrar untuk mengexplore komputer tersebut karena di winrar, semua file akan terlihat.
Tampilan drive C: di windows explorer dengan setting show all files
Tampilan drive C: di winrar

2 komentar: