17 Nov 2012

CARA MEMPERBAIKI OCL POWER AMPLIFIER YANG RUSAK

Power amplifier jenis OCL ini umumnya berukuran 60 watt keatas dan banyak digunakan dalam speaker aktif dan juga banyak dijual di toko - toko elektronik dalam bentuk rangkaian siap  pasang maupun pcb kosong.
Kerusakan pada power amplifier OCL biasanya disebabkan karena transistor yang mati akibat kepanasan (over heat), konsletnya kabel speaker dan juga coil speaker yang terbakar karena tidak mampu menangani daya yang dihasilkan power amplifier. pada kasus power OCL yang menggunakan transistor jengkol MJ2955 dan 2N3055, kerusakan yang disebabkan konsletnya kabel speaker ini bisa menyebabkan trafo catu daya juga ikut terbakar jika tegangan catu positif dan negatif tidak dipasang sekring (fuse) karena transistor jengkol itu tipe kerusakannya ada 2 macam. yang pertama adalah kerusakan yang umum yaitu putus total (jika transistor diuji dengan multitester, jarum penunjuknya tidak bergerak sama sekali) dan yang kedua adalah berbentuk hubung singkat atau korsleting (jika transistor diuji dengan multitester, jarum penunjuk menyimpang penuh ke kanan). pada kasus yang kedua inilah yang bisa menyebabkan trafo catu daya ikut terbakar.
untuk mencari komponen mana yang rusak, silahkan lihat pada gambar. tanda panah menunjukkan komponen yang mudah rusak
Gambar rangkaian OCL Power Amplifier
Cara Menguji Komponen:
  1. Cara menguji R15 dan R16: lepaskan salah satu kakinya dari rangkaian lalu ukur menggunakan multitester pada skala 1Ω atau 10Ω. jika tidak bergerak, ganti dengan yang baru.
  2. Cara menguji dioda: Lepaskan salah satu kaki dioda dari papan rangkaian lalu ukur kaki - kakinya menggunakan mulitester dengan cara mombolak - balik posisi colokan pada kaki anoda dan katoda. jika jarum penunjuk multitester menyimpang penuh kekanan atau tidak bergerak sama sekali saat colokan dibolak - balik posisinya, ganti dioda dengan yang baru.
  3. Untuk menguji transasistor: lepaskan transistor dari papan rangkaian, arahkan saklar multitester pada 1KΩ lalu uji kaki transistor menggunakan multitester. Untuk Transistor NPN posisi colokan multitester warna hitam berada di kaki basis sementara yang merah di pindah - pindah antara kaki kolektor dan emitor lalu lihat jarum penunjuk pada multitester. jika  transistor masih baik, maka jarum penunjuk akan menyimpang sedikit kekanan dari garis tengah. dan saat colokan multitester posisinya dibalik yaitu colokan merah di kaki basis sementara colokan hitam di pindah - pindah antara kolektor dan emitor, jarum penunjuk tidak bergerak (Untuk transistor PNP sebaliknya).
  4. Jika power amplifier menggunakan IC 741, ganti IC tersebut jika semua komponen dalam keadaan normal.
Cara Menguji Transistor
Jika semua komponen yang rusak sudah diganti, kini saatnya menguji rangkaian. sambungkan power amplifier ke speaker. jika power amplifier anda stereo sementara anda hanya mempunyai 1 unit speaker, pasang kabel speaker positif pada output L dan negatif pada R (Ground tidak dibutuhkan) lalu sambungkan rangkaian dengan catu daya. gunakan tegangan yang relatif kecil dahulu misalnya 12V lalu tekan tombol power kemudian dengarkan suara pada speaker. jika terdengar suara mendengung, matikan lalu periksa kembali komponen apakah ada yang terbalik pemasangannya atau posisi transistor tertukar antara NPN dan PNP. betulkan jika ada yang salah kemudian coba nyalakan kembali. jika dengung sudah tidak terdengar, raba kabel input menggunakan jari. jika terdengar bunyi "brrrttt..." berarti power amplifier sudah siap digunakan kembali. selamat mencoba!

19 komentar:

  1. Kalau lampu proteknya nyala cara perbaikinya gimana boss ?

    BalasHapus
  2. kalau gak ada suara,bila di sentu input power amplifier gak da suara,dan ketika dimatikan saklra nya ada suara "duck" apanya nya harus di perbaiki boss ?

    BalasHapus
  3. kalau input disentu terdengan suara creet di pcb, di ouput diukur pake ac lalu input disentu jarum gak gerak dimana kerusakannya? tolong dibantu boss. makasih

    BalasHapus
  4. kalau colokan micorophone nya gak bisa apa yang perlu diperbaiki boss, mohon pencerahanya

    BalasHapus
  5. bagaimana cara agar ic pada papan pcb amplifier kita cabut dan tidak di gunakan lagi ada caranya ng,ga?

    BalasHapus
  6. klw gak nyala juga lem biru ajah bos....

    BalasHapus
  7. kalo malah jadi gelombang radio g mn om

    BalasHapus
  8. bagaimana kalau ampli stereo mendengung bila sudah on power ?

    BalasHapus
  9. Mohon ijin copas artikelnya.Terima kasih

    BalasHapus
  10. KALAU GAK NYALA..BUANG AJA..HAHAHAHA..

    BalasHapus
  11. kaki transistor yg menuju speaker kaki yg mana ?kolektor,basis,emitor ?

    BalasHapus
  12. Klo suaranya kresek2 sbelah apanya yg rusak?

    BalasHapus
  13. Kalau blog copy paste ga bakal bisa jawab..kikikikikik..ini jawaban buat kalaian semua

    BalasHapus
  14. artikel hanya copas kali, jadi bingung mau ngejawabnya

    BalasHapus
  15. maaf sebelumnya, saya belajar merakit power ocl dengan tr final tip2955 dan tip3055 dengan tr driver bd139 dan bd140. saya memberikan trafo 10A dengan daya 25v. pada saat saya nyalakan tr final tip 2955 dan tip 3055 terbakar begitu juga tr drivernya. jika boleh tahu kenapa ?
    terus saya memperbaikinya bagaimana ? apa langsung mengganti tr drive dan tr final sudah selesai ? ingin buat pwer di kost dengan suara bass yang empuk/lembut bukan duk duk tetapi dem dem seperti di mobil teman saya ?
    untuk hasil semacam itu kira2 speaker apa yang cocok dan harganya tidak begitu mahal ?

    BalasHapus